Mitos: Harga Emas akan turun setelah Idul Fitri

Saya sebenarnya tidak terlalu tertarik dengan prediksi prediksi harga emas jangka pendek. Saya khawatir dengan analisa-analisa yang saya berikan orang-orang terjatuh dalam perilaku maisir (perjudian). Saya selalu merekomendasikan perilaku konservatif, yaitu “Belilah disaat anda punya uang, dan juallah ketika anda membutuhkan uang”. Insya Allah ini lebih mententramkan hati. Dan sebaiknya membeli emas ditujukan untuk kebutuhan jangka panjang, minimal 2 tahun. Mengapa 2 tahun? karena meskipun secara rata-rata dalam waktu kurang dari 1 tahun sudah bisa menutup spread jual-beli dengan pedagang, harga emas juga pernah jatuh dan baru kembali ke posisi semula butuh waktu cukup lama.

Melalui tulisan ini saya mencoba meluruskan mitos yang selama ini beredar di kalangan masyarakat tentang turunnya harga emas pasca perayaan idul fitri. Menjelang puasa dan idul fitri, saya banyak mendapat pertanyaan tentang kemungkinan harga emas akan turun jika memasuki hari-hari pasca perayaan idul fitri. Saya selalu menjawab mungkin saja. Mungkin dalam konteks sekedar mungkin tapi saya tidak pernah mengkorelasikan harga emas dengan perayaan idul fitri. Apakah benar bahwa harga emas akan turun setelah hari raya idul fitri? Mari kita lihat faktanya.

Agar sedikit ilmiah, saya ingin mengemukakan fakta berupa histori harga emas selama 10 tahun pada hari-H Idul Fitri kemudian di komparasi dengan harga 2 minggu setelahnya. Berikut adalah harga pada saat Hari Raya Idul Fitri dan Pasca Hari Raya Idul Fitri dari tahun ke tahun sejak 2001.

Dari data-data histori diatas, sebenarnya kita dapat mengambil kesimpulan bahwa perayaan idul fitri tidak terkait langsung dengan penurunan harga emas. Dari data 10 tahun terakhir yang diperoleh, yang terjadi justru lebih banyak kenaikan harga emas dari pada penurunan. Konsumsi terhadap emas di Indonesia boleh jadi memang menurun, tapi jangan lupa bahwa patokan harga emas adalah harga emas dunia. Perilaku pasar emas di Indonesia memang agak unik. Dari yang saya amati selama beberapa tahun terakhir, jika harga emas dunia turun biasanya banyak yang berbondong-bondong membeli emas, membuat stok emas jadi agak langka di pasar domestik. Sehingga meskipun pasar emas dunia turun, tak jarang harga emas di Indonesia tetap tinggi. Namun hal ini tidak terjadi sebaliknya, ketika harga emas dunia tinggi dan meskipun stok emas di Indonesia sangat mudah di dapat, harga emas di Indonesia tetap mengikuti harga emas dunia yang tinggi.

Sebagai penutup, dapat saya simpulkan berdasarkan data-data diatas bahwa perayaan Idul Fitri tidak berimplikasi atau setidaknya berimplikasi rendah terhadap fluktuasi harga emas. Dan saya tetap menyarankan untuk tetap membeli emas dikala kita punya uang untuk disisihkan dan menjualnya di kala membutuhkan. Insya Allah lebih tentram dihati.
Baarakallaahu fiikum.

7 Balasan ke Mitos: Harga Emas akan turun setelah Idul Fitri

  1. inedwiyanti mengatakan:

    sepakat, pernah baca juga di tulisannya ahmadgozali, untuk investasi jangka panjang maka saat yang tepat beli emas adalah saat ini artinya saat punya uang/ daya beli, karena trend jangka panjang nilainya meningkat, dan jika tunggu harga sekarang turun, maka bisa gak jadi2 beli. tapi sy memperhatikan trend saat ini sepertinya yang beli emas kebanyakan trader jangka pendek sebagai dampak dari kekhawatiran investor di pasar modal

  2. purna mengatakan:

    Iyak betuuul. Nunggu besok2 akhirnya ga jadi beli. Malah semakin ga kebeli😀

  3. Beli Harga Emas terkini…

    […]Mitos: Harga Emas akan turun setelah Idul Fitri « PurNa’s Blog[…]…

  4. onny tutor mengatakan:

    Berita dan tabel nya sangt informatif, terima kasih..namun sy penasaran sama harga 2 minggu sblm hari-H.🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: