Sekelumit tentang Puasa Muharram (Tasu’a dan ‘Asyura)

Insya Allah hari ini kita telah memasuki hari ke-8 bulan Muharram. Bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang memiliki keistimewaan bila dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain. Pada bulan Muharram ini kita disyari’atkan untuk berpuasa pada hari ke-9 dan ke-10. Puasa pada hari ke-9 biasa disebut Puasa Tasu’a -berasal dari kata tis’ah yang artinya 9- sedangkan puasa pada hari ke-10 biasa disebut dengan puasa ‘Asyura -berasal dari kata ‘asyara yang artinya 10-. Keduanya insya Allah jatuh pada hari Selasa-Rabu, 6-7 Januari 2009. Oleh karena itu saya mengajak diri saya sendiri beserta kawan-kawan semua untuk menjemput keutamaan di bulan Muharram yang semoga kita bisa mendapatkannya.


 قَدِمَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ المَدِيْنَةَ فَرَأَى اليَهُوْدَ تَصُوْمُ يَوْمَ عَاشُوْرَاء فَقَالَ:ماَ هَذَا؟ قَالُوْا هَذَا يَوْمٌ صَالِحٌ هَذَا يَوْمٌ نَجَّى اللهُ بَنِيْ إِسْرَائِيْلَ مِنْ عَدُوِّهِمْ فَصَامَهُ مُوْسَى. قَالَ: فَأَناَ أَحَقُّ بِمُوْسَى مِنْكُمْ. فَصَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ

Ibnu Abbas radiyallahu ‘anhu berkata: “Tatkala Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam datang ke Madinah beliau melihat orang-orang Yahudi melakukan puasa di hari ‘Asyura. Beliau Shallallahu ‘alaihi wassalam bertanya, “Hari apa ini?”. Orang-orang Yahudi menjawab, “Ini adalah hari baik, pada hari ini Allah selamatkan Bani Israil dari musuhnya, maka Musa ‘alaihissalam berpuasa pada hari ini. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata, “Saya lebih berhak mengikuti Musa dari kalian (kaum Yahudi). Maka beliau berpuasa pada hari itu dan memerintahkan ummatnya untuk melakukannya”. (HR Bukhari No 1900).
 

عن ابن عباس رَضِيَ اللَّهُ عَنهُ أن رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم صام يوم عاشوراء وأمر بصيامه. مُتَّفّقٌ عَلَيهِ

Dari Ibnu Abbas -radhiyallahu ‘anhu-, “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berpuasa pada hari ‘Asyura dan memerintahkan untuk berpuasa padanya”. (Muttafaqun ‘Alaih)

 

وعن ابن عباس رَضِيَ اللَّهُ عَنهُما قال، قال رَسُول اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيهِ وَسَلَّم: ((لئن بقيت إلى قابل لأصومن التاسع)) رَوَاهُ مُسلِمٌ

Dari Ibnu Abbas -radhiyallahu ‘anhu- beliau berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Apabila (usia)ku sampai tahun depan, maka aku akan berpuasa pada (hari) kesembilan” (HR. Muslim).

 

Keutamaan Puasa Tasu’a dan ‘Asyura

 
Berikut ini saya kutipkan dari Kitab Riyadhus Shalihin Karya Imam Nawawi -Rahimahullah- tentang keutamaan berpuasa Tasu’a dan Puasa ‘Asyura.
1. Puasa bulan Muharram adalah puasa yang paling utama puasa Ramadhan.
 
عن أبي هريرة رضي الله عنه قال: قال رسول الله : أفضل الصيام بعد شهر رمضان شهر الله الذي تدعونه المحرم، وأفضل الصلاة بعد الفريضة قيام الليل .رواه مسلم
 
Dari Abu Hurairah -radhiyallahu ‘anhu-, dia berkata: Rasulullah -shallallahu ‘alaihi wa sallam- bersabda: “Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah puasa bulan Muharram, dan sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam” (HR. Muslim) -Riyadhus Shalihin Bab 225-

2. Puasa ‘Asyura dapat menghapus dosa kecil setahun yang telah lalu. 

عن أبي قتادة رضي الله عنه قال : سُئل النبي صلى الله عليه وسلم عن صيام يوم عاشوراء ، فقال : إني أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله . رواهمسلم 
Dari Abu Qatadah -radhiyallahu ‘anhu- Rasululllah pernah ditanya tentang puasa hari ‘asyura, beliau bersabda: “Saya berharap ia bisa menghapuskan dosa-dosa satu tahun yang telah lewat” (HR. Muslim). -Riyadhus Shalihin Bab 226-

 
Demikian, semoga bermanfaat.

11 Balasan ke Sekelumit tentang Puasa Muharram (Tasu’a dan ‘Asyura)

  1. mila mengatakan:

    thanks yah ma wordpress
    yang udah ngbahas ttg tasu’a dan ‘asyuro
    coz aku sempet bingung antara 9 dzulhiijah dngan 9 muharom
    n sekrang aku udah dapatkan penjelasan ini dari wordpress kamu,
    maksaih yah
    masukan dari aku moga bisa makin bermkna n bermanfaat wprdpress kamu
    oh ya bisa kan ajairin aku bikin wordpress.
    thanks sebelumnya

    You are welcome…
    Gimana caranya ngajarin:mrgreen:

  2. ikaaa mengatakan:

    Jazakallah infony,
    just to make sure, kdng2 ada tmn yg tny dalilny,
    trus kadang q lupa, hwe🙂
    Alhamdulillah da mbah gugel, jd nemu de🙂

    Waiyyaki…
    Alhamdulillah jika membawa manfaat.

  3. emma mengatakan:

    purna.. Assalamualaikuum..
    kemana aja niiyh.. ga main lagi kerumahku..
    smoga sehat selalu yaa..?

  4. purna mengatakan:

    Wa’alaikumussalam teteh…
    Ayeuna nuju (sok) sibuk teh…. punten nyak…
    Haturnuhun du’ana… semoga teteh sehat oge…

  5. langgeng budiono mengatakan:

    terima kasih yang telah berbagi ilmu, menurut saya ini sangat bermanfaat ,terutama bagi saya yang awam tentang agama

  6. realedy mengatakan:

    purnaaaa…sadarkah kau..last update postingmu bulan januari 2009?artinya sudah mau 11 bulan gak nulis..ayooo..tulis lagi🙂

  7. opie mengatakan:

    asalamualaiku wr wb…maaf bukanya 9-10 muharram jatuh nya pada tanggal 26-27 december dan pada hari sabtu minggu..makasih sebelumnya….

  8. wahyudi mengatakan:

    ass.wr
    makasih infonya tp ada ralat tanggal 9-10 muharram jatuhnya bukan tgl 6-7 januari 2010 tp tgl 27-28 Desember 2009. tks. jazakillah
    wass

  9. Riri mengatakan:

    @opie&wahyudi kyak na kudu cek mata ke dkter nech,it kan postingan thun lalu,n jelas2 6-7 jan 2009,bkn 2010.
    @purna,sdh djwab ma saiah,maaph mdahului,tp tdk bmksud lancang…
    (Y)

  10. sifulan mengatakan:

    Assalammu’alaikum
    afwan ikhwan fillah. sekedar sharing. kebetulan ini ada ebook tentang waktu-waktu utama sepanjang bulan, minggu, sepanjang hari dan amalan-amalan sunnah di dalamnya sesuai sunnah shahih. termasuk amalan di bln dzulhijjah n muharram.

    smoga bermanfaat

    judul : waktu-waktu yang utama (al aukhotul fadhiilah)

    http://www.mediafire.com/?2z1ee9bdljqwx9p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: