Inikah wajah negeriku?

Kemarin baru saja menerima kabar dari desa. Kakakku akan diangkat jadi PNS didaerahnya sana, didesa tempat aku lahir dulu. Akupun turut gembira mendengar kabar baik ini. Maklum, menjadi PNS merupakan karir idaman bagi hampir setiap orang di desa. Tetapi disela-sela kabar gembira tersebut terselip kabar yang saya yakin cukup terbiasa kita dengar. Kepala sekolah kakakku tersebut minta uang sebesar 5 Juta Rupiah!. Dia bilang, dialah orang yang berjasa agar kakakku diterima jadi PNS, karena dia yang menandatangani surat keterangan pengabdian di sekolah.

Saya ingin bertanya kepada Anda wahai bapak kepala sekolah yang baik hati dan berjasa besar…

Dimanakah hati nurani Anda, ketika anda membayar kakak saya 50ribu rupiah untuk mengajar sebulan?
Dimanakah hati nurani Anda, ketika gaji sebesar itu tidak cukup untuk membeli bensin hanya untuk pulang-pergi mengajar?
Dimanakah hati nurani Anda, ketika adik Anda yang tidak pernah nongol sekalipun di sekolah anda beri surat keterangan pengabdian di sekolah bertahun-tahun, Apakah anda minta uang 5 Juta juga kepadanya?
Apakah Anda merasa memberi surat keterangan itu bukan kewajiban anda?
Apakah Anda itu merasa tidak cukup makan dan minum sehingga mau mengemis seperti itu?

14 Balasan ke Inikah wajah negeriku?

  1. excalibur mengatakan:

    Untung dudu masku…. lek masku wis tak bacok kepala sekolah kuwi😀

  2. wongembuh mengatakan:

    dilaporne kpk wae bos..

  3. purna mengatakan:

    @excalibur
    Ayo bareng2😀

    @wongembuh
    males bos, engko kpk njaluk 10juta malah luwih bangkrut😀

  4. kabarihari mengatakan:

    Saya minta dibayar 50 ribu karena saya sudah membaca postingan ini.🙂

  5. reza mengatakan:

    kasihan sekali nasib guru ya

    semoga ada perbaikan deh

    -salam kenal-

  6. ameL mengatakan:

    dja…tulisane cilik cilik begini yoo…matakuw sakid…

  7. purna mengatakan:

    @kabarihari
    saya tebak ya, ente pasti orang Indonesia :))

    @reza
    Amiin…Amiin…Amiin…Yaa Rabbal ‘Alamiin.

    @amel
    Tinggal tekan ctrl terus gerakin scroll-nya mouse😀

  8. pribadidewa mengatakan:

    hehehe …
    lapo susah2 nang kpk …
    kumpulkan massa wae …
    kepala desa, carik desa, pak rt, pak rw, wak kaji , bu nyai, mbak desi , kang paimin, mbah tarjo .. sampai preman2 kampung …
    paling2 habis g sampai 1jt😛 (gawe ‘kenduren’ nang ngarep omahe pak KS sewulan)
    *kabuuuur*

    btw lek kakakmu s1 .. kon golek kerjo nang bursa karir its wae .. sukur2 salaryne iso dobel gardan nyusul adik e …:P… memang malang nasib guru :(… diguyu lan disatru
    *serius mode :on *

  9. purna mengatakan:

    He..he… nice solution.
    Kakakku ga mau kerja jauh-jauh dari Ponorogo mas. Dia hanya mau kerja di daerah Ponorogo sana. Katanya lebih enak hujan emas di negeri sendiri daripada hujan batu di negeri orang😀

  10. bisot mengatakan:

    Secara hutang budi kok yah di komersilkan, kalo dia udah membuat kakak anda tidak senang yah di lapor polisi aja, tapi mbok yah diselesaikan secara kekeluargaan, minta aja tetua kampung untuk menasehati kepala sekolah matre itu, kalo tetua kampung gak didenger juga yah berarti emang dagh keblinger tuh, yah diselidiki dahulu motifnya, kalo dia lg butuh uang saya rasa kaka anda tidak akan segan meminjamkan, tapi kalau caranya seperti itu yah mirip2 pemerasan tuh

    salam

  11. excalibur mengatakan:

    bacokkkk wis….

  12. teddy pakde mengatakan:

    wah jangan di bacok bacok lah.. kita kan manusia beradab. yang menganut pancasila dan didasari uud 45. jadi lebih baik kita menyikapinya secara kepala dingin.
    sewa “penculik” untuk menculik anak atau istrinya kepala sekolah dan minta tebusan 15jt (ini adalah harga tebusan yg manusiawi bisa disurvey). setelah transaksi berhasil bayar 5 jt ke si “penculik” terus kasi 5jt buat kepala sekolah. sisanya 5 jt buat makan kita rame rame… MAU?

  13. purna mengatakan:

    @bisot
    Makanya ane tanyakan diatas apakah dia itu fakir-miskin yang perlu kita bantu…, He..he…

    @excalibur
    Moso dijak maen DotA…

    @teddy
    boleh, ente yang jadi penculiknya yak :))

  14. SIge mengatakan:

    halo purna, yah..emang keaadaan seperti itu sangat sering terjadi disekitar kita,dan bahkan ada anggota keluarga anda mengalami. Yah, doain aza tuh kepala sekolah,semoga lekas kaya serta berkecukupan hidupnya,sehingga dia tidak melakukan hal itu lagi. Saya yakin ada hikmah dibalik kejadian itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: