Nabi Yusya dan Matahari yang Tertahan (Bagian 2)

Memikirkan hal tersebut, Nabi Yusya kemudian berdo’a kepada Allah dan mengatakan: “Wahai matahari, sesungguhnya engkau tiadalah beda denganku, yaitu mengikuti perintah Allah. Aku bersujud mengikuti perintahnya. Ya Allah, tahanlah matahari itu untukku agar tidak tebenam dulu.”

Berkat do’a Nabi Yusya, Allah kemudian menahan terbenamnya matahari dan menahan bukan agar tidak menampakkan diri, hingga Nabi Yusya beserta kaumnya berhasil menaklukkan daerah tersebut.

Setelah perang usai, Nabi Yusya dan bala tentaranya mengumpulkan semua harta rampasan di suatu tempat. Tiba-tiba ada kilatan api yang menyambar tapi tidak membakarnya. Seketika Nabi Yusya berkata, “Diantara kalian pasti ada yang berkhianat, yaitu masih menyimpan harta rampasan. Aku harap dari setiap kabilah ada seorang yang bersumpah padaku”.

Kemudian satu persatu mereka datang untuk disumpah. Sampai akhirnya tangan Nabi Yusya lengket pada dua atau tiga orang diantara mereka. “Ternyata kalian yang telah berkhianat”, kata Nabi Yusya. Akhirnya mereka mengeluarkan emas sebesar kepala sapi. Emas lantas diambil oleh Nabi Yusya dan dikumpulkan bersama harta rampasan yang lain pada suatu lapangan. Tiba-tiba kembali ada api yang datang menyambar. Tapi kali ini langsung melahap habis seluruh harta rampasan. Harta rampasan memang tidak pernah dihalalkan pada masa itu. Kemudian Allah menghalalkan harta rampasan pada masa Nabi kita yang mulia Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasalam, karena melihat kelemahan dan ketidakmampuan pengikut Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasalam pada waktu itu.

Setelah itu Nabi Yusya memerintah kaum Bani Israil di Baitul Maqdis setelah kota itu dapat mereka kuasai. Nabi Yusya memerintah sesuai dengan kitab Allah, Taurat, sampai akhir hayatnya. Beliau wafat pada usia 127 tahun. Masa hidupnya setelah wafatnya Nabi Musa adalah 27 Tahun.

taken from Elfata 04/III/2003.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: