Nabi Yusya dan Matahari yang Tertahan

——————————————————————————————-

Kisah ini berdasarkan Sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam dari Abu Hurairah, bahwa beliau bersabda: "Sesungguhnya matahari itu tidak pernah tertahan dan tidak terbenam hanya karena seorang manusia, kecuali untuk Yusya. Yakni pada malam-malam dia berjalan di Baitul Maqdis (untuk jihad)." (Hadits Ahmad, sanad sesuai dengan syarat Bukhari)

——————————————————————————————-

Setelah meninggalnya Nabi Musa 'Alaihis Salam, Nabi Yusya bin Nun kemudian membawa Bani Israil keluar dari padang pasir. Mereka semua berjalan tanpa lelah hingga menyeberangi sungai Yordania dan akhirnya sampai di sebuah kota bernama Jerica. Kota Jerica sendiri adalah sebuah kota yang dikelilingi pagar serta memiliki pintu gerbang yang sangat kuat. Bangunan didalamnya juga sangat tinggi-tinggi serta berpenduduk sangat pada. Nabi Yusya dan kaumnya mengepung kota tersebut sampai enam bulan lamanya. Beliau dan kaumnya berniat menyerbu ke dalam. Namun sebelumnya Nabi Yusya berkata kepada Bani Israil, "Tidak boleh ikut bersamaku dalam perang ini seorang laki-laki yang telah berkumpul dengan istrinya dan dari itu ia mengharapkan anak tapi belum mendpatkan. Pun orang yang telah membangun rumah namun atapnya belum selesai juga tidak boleh ikut bersamaku, juga orang yang telah membeli kambing dan unta bunting yang dia tunggu kelahiran anaknya"

Setelah berkata demikian, kemudian dengan diiringi takbir dan suara terompet, beliau bersama kaumnya menyerbu ke arah pagar pembatas kota dan menghancurkannya sehingga berhasil memasuki kota tersebut. Disitu mereka mengambil harta rampasan perang serta membunuh belasan ribu penghuninya. Mereka juga memerangi beberapa raja yang berkuasa di Syam. Kebetulan hari itu bertepatan dengan hari Jum'at. Sampai matahari terbenam peperangan masih tetap berlangsung. Kalau hari Jum'at telah berlalu maka akan datang hari Sabtu. Padahal menurut syariat, pada hari Sabtu tidak boleh berperang.

bersambung…. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: